Pengalaman pertama membuat Jamu Beras Kencur

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan, Nama saya Sugiana XIIPS3, dari SMA N 1 Pamotan. Disini saya akan menulis pengalaman singkat saya ketika saya belajar untuk membuat jamu tradisional untuk keluarga.

Ada pengalaman pertama yang cukup berkesan saat saya membuat jamu tradisional.Ada jenis jamu tradisional yang sering saya minum dan saya temukan di pasar tradisional, tetapi saya tidak tahu bagaimana cara membuat nya. Saya mengira bahwa membuat jamu itu sangatlah susah. karena memang kebetulan saya mendapatkan tugas dari sekolah mata pelajaran Sosiologi" Membuat Jamu Tradisional Untuk Keluarga".Saya berfikir untuk membuat jamu beras kencur. Alasannya karena untuk membuat Jamu Beras kencur tersebut sangatlah praktis, sederhana dan bahan-bahan pun yang digunakan juga mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Pengertian Jamu beras kencur itu sendiri adalah jamu tradisional Indonesia yang menggunakan bahan utama berupa beras dan kencur (Kaempferia galanga). Ciri khas dari jamu ini adalah aromanya yang kuat, serta sedikit rasa pedas dari kencur yang digunakan.
Jamu beras kencur mengandung antioksidan yang dapat menangkal datangnya berbagai penyakit kronis pada tubuh. Meski demikian, zat ini hanya dapat Anda rasakan jika dapat membuat beras kencur dengan cara yang tepat, mulai dari proses mencuci hingga merebus jamunya.

Pada sore itu,Saya bertanya kepada nenek saya tentang apa saja bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu beras kencur, bagaimana cara membuat jamu beras kencur yang enak, bagaimana sejarah Jamu beras kencur, apa saja manfaat nya, serta bagaimana cara menyajikan dan menyeduh jamu beras kencur. setelah nenek saya menjelaskan semua nya kepada saya, sekarang saya tahu bagaimana cara membuat jamu beras kencur yang sangatlah enak.
saya dibantu teman saya  segera bergegas untuk mencari bahan-bahan yang dibutuhkan  untuk membuat Jamu beras kencur. Karena bahannya sudah ada semua di rumah jadi saya tidak perlu untuk membeli ke pasar. Setelah semua bahan yang diperlukan sudah siap, saya bergegas untuk langsung membuatnya.

Ternyata bahan dan cara pembuatannya sangat mudah dan dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari. Dan dapat menghasilkan khasiat yang baik bagi kesehatan.
Selain merebus beras dicampur kencur, Anda juga dapat menambah tanaman herbal lain dalam jamu tradisional yang satu ini, misalnya jahe atau kunyit.
Berikut beberapa resep dan cara membuat beras kencur dengan menggunakan bahan-bahan tambahan tersebut.


Beras kencur dan jahe
Menambahkan jahe dalam resep jamu beras kencur buatan Anda akan menambahkan efek hangat pada jamu tersebut. Jamu beras kencur plus jahe ini pun sangat cocok dikonsumsi selagi hangat.
Bahan-bahannya yaitu beras putih, kencur, jahe,air, gula jawa,gula pasir.

Cara membuat beras kencur
Rendam beras selama 3 jam atau semalaman.
Sambil menunggu beras lunak, rebus air, kencur, jahe, gula jawa, dan gula pasir hingga mendidih.
Setelah beras lunak, hancurkan beras menggunakan blender.
Tuang beras yang sudah dihancurkan ke dalam rebusan jamu, aduk hingga rata.
Karena saya baru pertama kalinya membuat jamu beras kencur saya tidak tau kalau jika kita memasukkan beras yang sudah dihaluskan ke dalam rebusan jamu apinya harus mati. pas saya masukan apinya hidup jadi berasnya Tadi sedikit menggumpal seperti Bubur. menurut saya Ini pengalaman yang paling lucu dan sedikit berkesan buat saya.
Setelah itu Tuang jamu beras kencur ke dalam wadah atau gelas sambil disaring.
Jamu bisa disimpan dalam wadah tertutup, kemudian masukkan dalam kulkas dan dihangatkan kembali saat ingin mengonsumsinya. Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk nipis untuk menguatkan aromanya dan menambah rasa segar pada jamu tersebut.

Dan Akhirnya Jamu beras kencur yang saya buat sudah jadi dan siap disajikan untuk teman buka puasa bersama keluarga dan teman-teman. kata nenek saya, resep ramuan jamu tradisional ini perlu dijaga dan dilestarikan, agar para cucu cucunya yang hidup di zaman modern ini, tahu bagaimana cara membuat jamu tradisional tersebut.

sejarah Jamu beras kencur itu sendiri yaitu Beras kencur merupakan minuman penyegar khas dari Indonesia (Jawa). Minuman ini juga digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Beras kencur sangat populer karena memiliki rasa yang manis dan segar. Bahan utama beras kencur, tentu saja, adalah beras (yang dihaluskan) dan rimpang kencur. Itu tadi sedikit sejarah dari jamu beras kencur dari nenek saya.

Selamat mencoba 🙏


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESEP MASAKAN SEHARI-HARI ALA KELUARGAKU

Silsilah Keluarga Sugiana Tegaldowo